BERITA TERBARU
Di Inggris, SIM Motor Dibedakan Berdasar Jenis dan Kecepatan
  • Administrator
  • 10.34
  • 12 January 2016

London -Penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor juga berlaku di Inggris. Di Negeri Britania itu, SIM sepeda motor disesuaikan dengan kapasitas kendaraan, jenis kendaraan dan kecepatannya.

Seperti dilansir laman Gov.uk, Senin (11/1/2016), SIM sepeda motor terbawah masuk dalm kategori AM. Kategori tersebut mencakup penggunaan bebek dengan kecepatan 25 km/jam hingga 45 km/jam, motor tiga roda kecil 50cc dan di bawah 4 kW serta quadricycles kecil di bawah 350 kilogram dengan kecepatan tertinggi 45 km/jam.

SIM kategori AM tersebut bisa didapat warga berusia minimal 16 tahun. Syaratnya, mereka harus mengikuti pelatihan dasar wajib, tes teori dan praktik.

Warga berusia minimal 16 tahun di sana juga diperbolehkan membuat SIM kategori Q. SIM kategori ini berlaku untuk moped dua atau tiga roda dengan top speed 25 km/jam.

Sementara untuk warga berusia minimal 17 tahun diperbolehkan membuat SIM kategori A1. Kategori tersebut berlaku untuk sepeda motor ringan bertenaga 11 kW dengan rasio power to weight tidak lebih dari 0,1 kW per kg, motor bermesin 125cc dan motor tiga roda dengan tenaga tidak lebih dari 15 kW.

Sementara SIM kategori A2 berlaku untuk sepeda motor standar dengan tenaga hingga 35 kW (46,94 daya kuda) dan rasio power to weight tidak lebih dari 0,2 kW per kg. SIM ini hanya boleh dibuat oleh warga berusia minimal 19 tahun.

Sementara motor dengan kapasitas mesin dan tenaga yang tidak terbatas, dengan atau tanpa sidecar dan motor tiga roda dengan tenaga lebih dari 15 kW harus memiliki SIM kategori A. SIM ini hanya boleh dimiliki warga berusia minimal 24 tahun.

Atau, pemegang SIM A2 selama lebih dari 2 tahun juga bisa mengajukan pembuatan SIM kategori A untuk motor dengan kapasitas mesin besar. Tentu dengan melalui pengujian praktik.

Ingin Menjadi Mitra Kami?
Segera bergabung dengan kami dan rasakan keuntungannya
Form Pendaftaran
Melalui Franchise / waralaba kemitraan bengkel ini diharapkan dapat dihasilkan suatu usaha yang sukses, mandiri dan bisa diandalkan. Melalui ini pula, sebuah usaha jasa perbaikan (servis) dan pengadaan suku cadang motor roda dua dapat memberikan pelayanan cepat, tepat, berkualitas dan terjangkau sehingga mampu bersaing. Mampu memberikan income / pendapatan yang kontinyu dan bisa diandalkan, Menempatkan kita menjadi enterpreneur yang handal serta mandiri, Membuka peluang dan penyediaan lapangan kerja sebanyak mungkin,